Rabu, 19 Agustus 2015

Bibliotherapy Untuk Anak-anak Penderita Kanker

Setelah sabtu kemarin rapat evaluasi mengenai kegiatan mendongeng di RSCM, ternyata kegiatan biblioterapy ini sangat berguna utk menghibur anak2 penderita kanker.
Kenapa? Banyak orang tua yang tak mengetahui bahwa sebenarnya anak2 butuh bacaan anak. Namun mereka justru memberikan tab, i phone atau gadget lainnya.
Hasil ini dibuktikan ketika salah satu anggota kami, membawakan beberapa buah buku untuk seorang anak. Ketika dia menawarkan "ade.. mau dibacain cerita sama kakak nggak?" Namun secepat kilat orang tua si anak menjawab dengan yakin "oh nggak, anak saya nggak butuh buku, dia udah saya berikan tab." 
Namun si anak justru melirik ke arah buku yang dipegang, ketika ditanya lagi "mau dibacain buku?" si anak melirik ke arah ibunya dengan raut muka sedikit takut. Hasilnya apa? Ketika teman saya memberanikan membuka satu persatu halaman buku tanpa pesetujuan dari orang tua si anak. anak itu justru tersenyum dan berusaha meraih buku bahkan berharap untuk bukunya bisa dia miliki.
Dari situ saya belajar, bahwa tak semua orang tua mengerti akan kebutuhan anaknya sendiri. Bahkan mereka cendrung ‘sotoy’ akan kebutuhan anak. Tak semua anak menyukai gadget.
Disini, minimnya pengetahuan orang tua akan pentingnya sebuah bacaan cukup memprihatinkan. Padahal, orang tua harus mengerti dan memberikan apa yang dibutuhkan anak seumuran mereka.
Daripada membelikan anak gadget mahal, mending dibelikan buku bacaan. Ya toh? :D #SaveBacaanAnak
Oh iya, buat temen2 yg punya komik atau bacaan anak utk umur 1-15 thn, blh disumbangkan kepada @.Kelompok Pencinta Bacaan Anak, kami akan memberikannya kpd anak2 penderita kanker di RSCM.


Yuk berbagi senyuman utk mereka J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar